Rabu, 25 Februari 2015

Inilah 12 Penyebab Sakit Gigi Yang Akan Mengganggu Anda

Advertisement
Sakit gigi merupakan hal yang paling menakutkan bagi sebagian orang, apabila sudah terserang sakit gigi apa yang dilakukan tidak akan terasa nyaman dan tentunya terasa tersiksa, namun lagu yang dinyanyikan oleh Alm. Megy Z “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati” itu merupakan salah besar! Mungkin pak Megy belum pernah merasakan sakit gigi sih :D. Orang yang sudah merasakan sakit gigi pasti nyanyi lagu “sakitnya tuh disini!” sambil pegang pipi hehe.
 
Inilah 12 Penyebab Sakit Gigi Yang Akan Mengganggu Anda
Saya setuju dengan gambar diatas ini :D
Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tidak memandang umur tua maupun muda. Faktor umum yang bisa menimbulkan sakit gigi adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, dan bisa juga rasa sakit diakibatkan oleh makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin sehingga gigi kita rusak. Dikutip dari Definisi sakit gigi, rasa sakit gigi bukan saja berasal dari gusi atau gigi itu sendiri namun bisa disebabkan oleh infeksi dan penyakit telinga.

Berikut ini merupakan 12 penyebab sakit gigi yang mungkin sedang anda alami, kami rangkum dari berbagai sumber salah satunya dari wikipedia.

1.    Pembengkakan gusi dan mengeluarkan darah
Penyakit gusi bisa menyebabkan sakit gigi meskipun gigi sedang keadaan sehat, infeksi gusi terjadi akibat peradangan pada jaringan gusi dan tulang yang mengakibatkan pembengkakan, sakit gusi pada tahap awal akan mengakibatkan gii terasa nyeri.

2.    Kerusakan pada gigi
Rongga kecil yang kita tidak sadari mungkin pada awal terbentuknya rongga tidak menimbulkan rasa sakit, namun ketika sudah lama dan membusuk akan mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentis) efek yang dihasilkan adalah gigi menjadi sensitif, dalam tahap lanjut pembusukan semakin dalam mengenai lapisan dalam (pulp) yang akan menimbulkan rasa sakit yang tajam. Dan bila dibiarkan akan menimbulkan infeksi dan menyebabkan kematian jaringan pulpa sehingga dibawah akar gigi terdapat nanah.

3.    Gigi Retak
Tidak merasa memiliki tanda-tanda yang jelas tetapi merasakan gigi sikit ketika dalam keadaan mengunyah, kejadian ini dapat disebabkan oleh celah yang tersembunyi bahkan tidak dapat dilihat oleh sinar-x, nah... ini merupakan sindrom gigi retak yang disebabkan cara mengunyah makanan yang buruk, cedera gigi, gigi grinding, adanya tambalan gigi sehingga struktur gigi melemah.

4.    Bruxism (gigi grinding)
Akibat dari kebiasaan yang tidak disengaja seperti menggiling gigi, menggertakan gigi, berkontak rapat antara gigi atas dan gigi bawah yang menimbulkan tekanan berlebihan yang dapat menimbulkan rasa sakit tidak hanya pada gigi namun dapat juga merasa sakit didalam sendi rahang anda.

5.    Terbentur atau jatuh dapat mengakibatkan gigi retak maupun patah
Keretakan yang terjadi bisa saja tidak pada saat kejadian berlangsung namun bisa saja keretakan terjadi atau terlihat pada waktu yang akan datang, hal ini akan mengakibatkan rasa sakit gigi yang sangat parah ketika garis retakan menuju saraf gigi, ditambah bakteri yang bersarang didalam retakan yang dapat mengakibatkan gigi busuk dan rusak.

6.    Cara membersihkan gigi menggunakan sikat gigi dengan tidak tepat
Menyikat gigi secara kasar atau menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu yang keras dapat menimbulkan sakit pada gusi, selanjutnya akan terbukanya akar gigi yang dapat menyebabkan sensitif terhadap rasa panas, dingin maupun makanan asam. Minuman asam akan memperburuk dan mengikis yang dapat memperburuk sensitifitas.

7.    Gigi tidak rata atau miring
Pada gigi yang tidak rata atau tidak selaras ternyata dapat menyebabkan sakit pada gigi, gigi yang tidak selaras dengan benar terdapat distribusi yang tidak merata disaat mengunyah yang dapat menimbulkan peradangan pada saraf yang akan mengakibatkan terjadinya sakit gigi.

8.    Tumbuh gigi bungsu (graham)
Pertumbuhan gigi ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit ketika gigi tidak tumbuh secara full memalui garis gusi karena tidak terdapat cukup ruang untuk tumbuh. Hal ini akan menimbulkan tekanan pada gigi dan akhirnya akan menimbulkan rasa sakit. Pertumbuhan setengah-setengah akan berpotensi menjadi sarang kotoran sisa makanan karena sulit dibersihkan, berkembangnya bakteri terjadi infeksi pada gusi.

9.    Kawat gigi
Bisa disebut perawatan ortodontik (memperbaiki keselarasan struktur gigi dengan kawat) hal ini dilakukan oleh seorang yang sudah ahli dibidangnya karena alat ini sangat rumit sehingga dalam pemasangan maupun pelepasan tidak sembarangan. Rasa sakit akan timbul ketika kawat gigi disesuaikan namun dalam periode waktu singkat.

10.    Sakit gigi bukan terdapat dari permasalahan internal
Kasus yang jarang terjadi karena sakit gigi yang ditimbulkan bukan berasal dari kondisi gigi maupun gusi yang tidak sehat. Namun bisa saja sakit gigi atau rahang yang terjadi akibat dari tanda-tanda serangan jantung.

11.    Hormon yang tidak seimbang
Sakit gigi akibat tidak seimbangnya hormon biasa terjadi kepada kaum wanita, wanita dapat mengalami 4 tahap ketidakseimbangan hormon dalam hidupnya dari masa pubertas, menstruasi, menopouse, hamil. Akibat ketidakseimbangan hormon akan mengakibatkan kesehatan kurang baik. Berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, gangguan diantaranya peradangan gusi, jaringan gingival mempunyai banyak estrogen yang dapat merespon fluktuasi hormon. Inilah penyebab kenapa lebih sering perempuan yang mengalami sakit gigi dibanding kaum pria.

12.    Akar gigi sensitif
Akar gigi yang terbuka biasanya terjadi akar lebih rendah dari dua pertiga dari gigi yang secara normal terkubur di tulang, bakteri dan racun melarutkan tulang sekitar akar sehingga mengakibatkan gusi dan tulang surut disebut resesi. Akar yang terbuka akan mengakibatkan gigi sangat sensitif terhadap suhu ketika makan makanan yang panas dan minuman yang dingin.

Itulah 12 penyebab sakit gigi yang sebisa mungkin kita hindari agar gigi tetap sehat dan kuat, terimakasih sudah membaca artikel sampai tuntas dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.
Baca juga pengertian karies gigi dan pengelompokannya, kunjungi link ini pengertian gigi berlubang
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 12 Penyebab Sakit Gigi Yang Akan Mengganggu Anda